The Sento – Mandi Bersama Orang Lain, Mandi Dengan Aturan

Sento, atau pemandian umum, adalah salah satu dari banyak ritual dalam budaya Jepang yang orang asing sebaiknya teliti sebelum mereka lepas jubah. Sementara orang Jepang pada umumnya sangat memaafkan kesalahan budaya kita, sento adalah salah satu latar di mana orang yang kurang informasi dapat membuat kesalahan yang sangat ofensif. Etiket sento mungkin tidak familiar bagi orang barat – faktanya, gagasan “mandi” tanpa sabun bahkan mungkin tampak kontra-intuitif – tetapi risiko ketidakpedulian dikoreksi di tempat, yang bisa menjadi lebih memalukan saat Anda telanjang dan mereka sedang berbicara bahasa Jepang.

jual mesin kasir pekanbaru – Pemandian lingkungan masih umum di Jepang, meskipun sebagian besar denah rumah pribadi telah menyertakan area pemandian sejak tahun 1950-an. Perumahan siswa, gedung apartemen sewa rendah, dan rumah tua mungkin memiliki toilet tetapi seringkali tidak ada pancuran atau bak mandi. Banyak orang Jepang terus menggunakan sento (bahkan jika mereka mandi di rumah) karena aspek komunitas yang ditawarkannya atau karena beberapa fasilitas sento modern menawarkan lusinan pilihan mandi yang tidak bisa mereka dapatkan di rumah: mandi herbal, sangat panas berendam, berendam dingin, jacuzzi, sauna, ruang uap, dan banyak lagi.

Anda dapat mengidentifikasi sento dari jalan dengan huruf hiragana untuk “yu”, yang mengacu pada “air panas”.

Akan ada satu pintu masuk di mana Anda melepas sepatu dan membayar biaya ($3-$4), tetapi kemudian pria dan wanita memasuki sisi sento mereka sendiri melalui pintu yang terpisah. Kasir duduk di antara kamar dan dapat melihat ke dalam kedua kamar ganti.

Begitu masuk, cari loker, keranjang, atau lubang cubby untuk menaruh pakaian Anda. Lepas jubah dan bawa sabun, sampo, dan handuk kecil ke area mandi. Tinggalkan handuk pengering Anda yang lebih besar (tidak ada tempat kering untuk menggantungnya di ruang sento) serta losion, bedak, krim, alat cukur atau sikat gigi dengan pakaian Anda. Begitu berada di dalam pintu kaca geser yang berkabut, pilih area cuci terbuka di sepanjang dinding. Mungkin ada bangku plastik untuk hinggap di depan keran rendah dan pancuran – Anda seharusnya duduk saat mencuci. Beberapa sento mungkin memiliki pancuran, tetapi kebanyakan orang Jepang lebih suka duduk dan menggunakan pancuran (setinggi pinggang) dan keran (bahkan lebih rendah di dinding).

Bersiaplah untuk dilihat dan diperhatikan – orang asing memiliki tubuh yang menarik – dan bersiaplah untuk menerima bantuan dari sesama perenang tentang cara mengatur suhu air, menemukan bangku plastik, menggunakan bak bilasan, dan sebagainya. Siapa pun yang berbicara bahasa Inggris dapat menggunakan kesempatan ini untuk berlatih percakapan.

Urutan dasarnya adalah duduk, basah, sabun, bilas, lalu, setelah Anda bersih dan bebas sabun, berendamlah dalam bak pilihan Anda. Kelihatannya sederhana, tetapi ada banyak lapisan kebiasaan mandi yang tidak terucapkan yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang Barat. Misalnya bicara pelan-pelan jika ada, bilas barang pinjaman (bangku, baskom) sebelum dan sesudah digunakan, selalu cuci dari ujung rambut sampai ujung kaki (kebalikannya najis), matikan showerhead saat keramas atau keramas agar tidak air limbah, bilas area Anda setelah selesai, dan secara umum, pertahankan kehadiran yang kecil, tenang, dan efisien. Jika area cuci Anda berada di dekat bak mandi, berhati-hatilah agar sabun tidak terciprat ke dalam air bak umum secara tidak sengaja. Pastikan untuk membilas semua sabun dari setiap bagian rambut dan tubuh Anda bahkan sebelum berpikir untuk masuk ke salah satu bak rendam.

Ah…bak. Tinggalkan sabun Anda di langkan di area cuci dan pindah ke area mandi. Orang Jepang yang sederhana akan memegang handuk kecil mereka di depan bagian pribadi mereka, tetapi jika Anda membawa handuk Anda ke area pemandian, pastikan handuk tersebut telah dibilas hingga bersih dan tidak pernah masuk ke dalam air mandi. Taruh di kepala Anda sebelum memasuki bak mandi!

Bergantung pada usia dan ukuran sento, mungkin ada tiga hingga sepuluh bak mandi atau lebih, masing-masing dengan penawaran yang berbeda. Di tengah biasanya terdapat bak mandi terbesar dan terpanas, yang pasti akan menantang bahkan penikmat bak mandi air panas yang paling berdedikasi sekalipun. Bak lain mungkin memiliki suhu hangat hingga dingin, herba untuk bersantai dan menenangkan, atau jet pijat. Waspadai bak mandi dengan plakat peringatan yang terlihat seperti aliran listrik – ini ADALAH aliran listrik, yang digunakan untuk mengendurkan otot yang sakit dan tegang. Sensasinya paling kuat (dan paling menyakitkan) paling dekat dengan dinding, jadi jika Anda memilih untuk mencobanya, masuklah ke tengah bak terlebih dahulu dan kemudian putuskan apakah Anda ingin mencoba duduk.

Menginap selama yang Anda suka, cicipi bak yang berbeda, bersantai, dan nikmati pengalamannya. Tidak apa-apa untuk meninggalkan area mandi untuk pergi ke area ganti dan kembali ke bak mandi tanpa mencuci lagi, jadi pastikan untuk menggunakan toilet dan minum sebelum Anda mencuci. Saat Anda siap untuk pergi, bawa sabun dan handuk Anda ke area ganti, keringkan dan kenakan pakaian, lalu duduk dan rileks sejenak sebelum menuju sepatu Anda. Jangan terburu-buru.

Nancy McDonough selama bertahun-tahun menjadi guru bahasa Inggris di Jepang. Dia fasih berbahasa Jepang dan melakukan perjalanan ke Jepang setiap tahun. Dia mendirikan perusahaan kimono ritelnya di