Pernahkah Anda merasa bahwa tidak ada cukup waktu untuk menyelesaikan studi Anda di rumah? Atau, saat Anda siap untuk belajar online?. Tentu saja, akan selalu ada sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda. Tetapi alih-alih mengeluh bahwa tidak ada cukup waktu, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah sederhana ini untuk memastikan bahwa Anda akan memiliki cukup waktu untuk studi Anda dan menjadi lebih produktif. Berikut adalah 6 tips teratas kami bagi siswa untuk tetap produktif saat belajar di rumah atau online.

Membuat catatan dan menyiapkan kartu ulasan.

Catatan tulisan tangan adalah cara terbaik untuk memungkinkan otak Anda menyerap dan memproses informasi maksimum yang Anda kumpulkan saat Anda belajar. Anda mungkin sudah memiliki buku teks dan catatan kelas untuk membantu Anda belajar, tetapi satu set catatan yang bagus akan selalu membuatnya lebih mudah untuk merevisi, mempersiapkan tugas Anda, dan bahkan diskusi. Bahkan lebih baik, jika Anda dapat mengubah catatan ini menjadi kartu flash mewah (yang fisik, tentu saja). Proses menyiapkan catatan atau flashcards membantu dalam meningkatkan pemahaman dan kejelasan konsep.

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

Memiliki area studi yang ditunjuk

Oh ya! Volume TV, pelatihan vokal saudara Anda yang menjengkelkan, kebisingan dari dapur dan halaman belakang, hewan peliharaan, dll semua gangguan dengan cara, dan gangguan ini dapat membahayakan efisiensi pengalaman belajar Anda sampai batas tertentu. Itu selalu dianjurkan untuk memilih area studi yang ditunjuk, dengan gangguan yang lebih sedikit, dan sebaiknya dengan bahan yang diperlukan untuk subjek itu. Misalnya, menyimpan kotak geometri di sebelah Anda saat belajar sastra dapat menggoda Anda untuk mengatur ulang kotak geometri selama setengah jam ke depan. Kita semua pernah ke sana; Mari kita tidak melakukan itu lagi.

Berbagai Cara Belajar

Penelitian menunjukkan bahwa metodologi dan media yang berbeda dapat merangsang berbagai area otak, dan mengarah pada aktivitas otak yang meningkat dan dapat menghasilkan kemampuan belajar yang lebih baik. Alih-alih melakukan metodologi studi yang sama, cobalah metode yang berbeda, dan jangan biarkan rencana studi Anda menjadi monoton dan menghambat tingkat produktivitas Anda. Anda dapat meningkatkan tingkat produktivitas Anda dengan mencampurnya sedikit dari setiap sumber. Misalnya, selain membaca buku teks Anda, lihat tutorial online, sumber online seperti archive.org dan buku digital untuk belajar dari berbagai sumber. Ini tidak hanya akan membantu menjaga pikiran Anda tetap segar dan penuh perhatian tetapi juga meningkatkan kekuatan retensi Anda.

Lebih sedikit gula, lebih banyak sayuran.

Memiliki terlalu banyak makanan dan minuman manis sementara atau sebelum belajar telah terbukti secara ilmiah membuat siswa mengantuk dan lelah. Kecuali, tentu saja, Anda seorang guru kebugaran membakar semua kalori dengan satu mil berjalan setelah konsumsi. Jadi disarankan untuk mengambil makanan yang kurang manis dan menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat seperti sayuran atau kue beras.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Detoks digital

Ponsel, tablet, TV, komputer, konsol game, asisten virtual – layar dan suara ada di mana-mana akhir-akhir ini – dan semuanya dipenuhi dengan aplikasi, game, dan video yang dirancang untuk mendapatkan perhatian Anda, sehingga produktivitas menurun. Jika Anda mengalami kesulitan fokus, solusi paling alami adalah menghindari perangkat pintar ini sepenuhnya. Letakkan ponsel Anda di lemari, atau ruangan lain jika perlu, atau Anda bahkan bisa mencoba pergi ke perpustakaan untuk belajar dan meninggalkan ponsel Anda di rumah. Di mana saja Anda merasa aman dari layar ini.

Ambil Istirahat yang Memadai

Mengunci diri di kamar Anda sampai Anda menyelesaikan semua tugas yang ditugaskan hari itu mungkin tampak seperti cara yang tepat untuk menyelesaikan sesuatu dalam waktu yang lebih singkat, tetapi dalam kenyataannya, itu terbukti kontra-produktif, dan sebaliknya, mengambil istirahat teratur dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan tingkat fokus. Jadi, alih-alih bertujuan untuk jadwal belajar 7 jam, bagilah waktu belajar Anda menjadi yang lebih kecil masing-masing 40 hingga 60 menit. Pada akhir setiap sesi, istirahatlah 5-10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar rumah, minum air, makan camilan cepat, atau hanya berbicara dengan seseorang.

By Drajad