Dikenal sebagai surga liburan, Bali menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Mulai dari keindahan pantai, danau, hingga pegunungan. Tak heran, selepas Lebaran, pulau dewata ini kerap dikunjungi wisatawan.

Anda juga ingin mengunjungi Bali setelah Idul Fitri? Itulah tips yang bisa diterapkan agar liburan Anda semakin menyenangkan.

Pemesanan tiket

Momen lebaran 2020 adalah high season. Saat itu, banyak orang yang mudik atau bepergian ke luar kota. Jika Anda tidak segera memesan tiket, rencana perjalanan Anda dapat dibatalkan. Pasalnya, tiket pesawat kerap ludes pada 30-60 hari menjelang Lebaran.

Selain mempercepat pemesanan tiket, pilihlah maskapai penerbangan yang sesuai dengan budget Anda. Jika anggaran untuk terbang terbatas, maskapai low cost carrier (LCC) bisa menjadi pilihan. Contoh penerbangan LCC antara lain Citilink, Lion Air, dan Indonesia AirAsia.

Booking Hotel sebelum Idul Fitri

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali saat Lebaran cenderung melonjak. Tahun lalu, lonjakan pengunjung mencapai 5-10 persen. Alhasil, akomodasi di Bali sudah habis terjual oleh wisatawan meski belum memasuki hari raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memesan kamar hotel terlebih dahulu. Pastikan kamar hotel nyaman untuk ditinggali. Pemilihan tipe kamar juga harus disesuaikan dengan dana yang dibawa.

Siapkan Anggaran Liburan

Saat high season, bukan hanya harga tiket pesawat yang naik, tiket masuk tempat wisata juga lebih mahal. Karena itu, anggaran harus ditetapkan untuk mengantisipasi pembengkakan biaya. Jika Anda ingin mengetahui perkiraan biaya liburan ke Bali tahun ini, Anda bisa mencarinya melalui internet.

Pastikan Anda Mengambil Lebih Dari Dua Hari Libur

Lokasi Bali cukup jauh; wisatawan harus menempuh perjalanan beberapa jam untuk mencapai lokasi. Jadi, sebaiknya jadwalkan liburan di Bali lebih dari tiga hari. Dengan begitu, pengunjung memiliki banyak kesempatan untuk menjelajahi pulau dewata.

Waktu liburan yang panjang juga mengurangi biaya penginapan. Biasanya, beberapa hotel atau vila memberikan diskon khusus jika Anda menginap lebih dari dua malam. Selain itu, Anda bisa leluasa membagi waktu dengan baik, antara istirahat dan jalan-jalan.

Tentukan transportasi yang ingin Anda gunakan selama di Bali

Tentukan Transportasi

Transportasi seringkali paling banyak menyerap anggaran liburan dibandingkan kebutuhan lainnya. Jika Anda membawa keluarga, sebaiknya sewa kendaraan roda empat selama di Bali. Selain lebih hemat biaya, mobil bisa menampung banyak orang.

Sedangkan bagi yang ingin naik angkutan umum, Trans Sarbagita melayani 17 trayek. Ada koridor 1 untuk rute Denpasar–GWK, koridor 2 untuk Batubulan–Kuta, dan koridor 3 untuk Tabanan–Bandara. Untuk tujuan Pantai Sanur, Anda bisa menaiki Trans Sarbagita koridor 4.

Atur Rencana Perjalanan

Siapkan rencana perjalanan mulai dari daftar tempat wisata. Usahakan dalam satu hari, Anda mengunjungi lokasi terdekat. Tujuannya untuk menghemat anggaran perjalanan sekaligus mempermudah aksesnya.

Sebagai referensi, Pantai Kuta bisa menjadi destinasi pertama yang dikunjungi. Objek wisata paling populer di Bali ini identik dengan deburan ombak yang deras. Selain itu, ada Pantai Tanah Lot yang terkenal dengan keindahan pura di atas batu karang.

Sedangkan di hari kedua, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di kawasan pegunungan pulau Bali. Salah satunya adalah Danau Beratan Bedugul. Perairan ini terletak di kaki Gunung Agung. Keren, di tengah danau terdapat Pura Ulun Danu dengan stupa Budha di dalamnya.

Owh ya, untuk kendaraan anda bisa menggunakan sewa mobil bali yang ditawarkan oleh BaliBijacarrental.com, sehingga anda dapat lebih murah.

By Drajad