bisnis minyak wangi 1

Minyak wangi memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Hal ini bisa kamu lihat dari banyaknya supplier bahan baku minyak wangi dan semacamnya seperti best candle fragrance oil supplier, parfum bibit, aroma therapy dan masih banyak lagi. Dari sini kita bisa melihat bahwa minyak wangi bisa dikembangkan menjadi barang lain selain parfum seperti aroma terapi, parfum ruangan dan lain sebagainya. Selain itu minyak wangi juga memiliki beberapa jenis dari yang memiliki merek, yang menggunakan bibit atau biang, hingga yang menggunakan roll. Maka dari itu potensi bisnis minyak wangi memiliki cakupan yang cukup luas. Lalu untuk kamu yang ingin memulai bisnis minyak wangi, ikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Miliki Brand

Brand cukup penting mengingat banyak sekali penjual minyak wangi yang ada di Indonesia. Nama atau brand yang kamu miliki disarankan dapat menunjukkan identitas jualan kamu. Sebagai contoh apabila kamu ingin menjual parfum original import kamu harus memiliki brand atau tagline yang menjelaskan hal tersebut dan seterusnya. Hal ini digunakan agar memudahkan orang untuk mengingat produk kamu dan membuat repeat order.

 

  1. Tentukan Model Parfum Kamu

bisnis minyak wangi 2

Maksud dari poin ini adalah kamu harus menentukan parfum atau minyak wangi seperti apa yang ingin kamu jual. Sebagai contoh kamu ingin menjual produk parfum original, berarti kamu harus mencari supplier dari pada parfum tersebut kemudian kamu bisa menjadi reseller produk mereka. Apabila kamu ingin menjual produk parfum bibit, kamu harus mencari biang atau bibit dari parfum yang ingin kamu jual kemudian kamu racik terlebih dahulu dan seterusnya.

 

  1. Ketahui Trend

Parfum termasuk kategori produk fashion yang berarti produk ini juga memiliki trend mereka sendiri. Mirip seperti baju, outfit dan aksesoris lainnya parfum memiliki trend yang berubah-ubah hampir setiap tahun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi trend tersebut diantaranya adalah artis atau selebriti, influencer, film dan lain sebagainya. Brand-brand parfum yang besar juga biasanya dapat mengendalikan trend dengan cara endorse beberapa selebriti terkenal untuk menggunakan produk mereka.

 

  1. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Menjual parfum atau minyak wangi perlu strategi yang sedikit berbeda dibandingkan produk lainnya. Hal ini dikarenakan target pasar kita terkadang tidak bisa mencium aroma parfum tersebut secara langsung. Maka dari itu perlu hal yang bisa membuat mereka merasakan aroma parfum kita. Sebagai contoh kamu membuat konten tentang seorang wanita yang cantik dan elegan yang sedang memegang bunga lavender untuk parfum yang memiliki wangi soft dan feminim.

4 strategi tersebut bisa kamu gunakan di langkah awal apabila kamu ingin menjual parfum. Ada kalanya kamu harus melihat kompetitor di daerah kamu agar kamu dapat lebih mudah untuk bersaing. Biasanya sebagai pebisnis pemula mereka hanya memperhatikan produk, dan strategi pemasaran saja, Jangan lupa untuk memperhatikan cashflow, gaji karyawan dan lain sebagainya, untuk hal ini kamu bisa menggunakan jasa audit agar bisnis kamu lebih terkontrol.