Siapakah yang tidak sukai keripik? Keripik adalah tipe camilan yang banyak disukai oleh beberapa orang, dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Teman dekat Wiraswasta tentu sepakat jika produk keripik banyak memiliki fans kan?

Kudapan sederhana ini benar-benar pas dikonsumsi saat rileks, seperti melihat tv atau saat belajar, karena rasanya yang nikmat dan tidak gampang mengenyangkan. Disamping itu, bila diletakkan di tempat yang tertutup, produk keripik akan tahan lama dan bisa dimakan kapan saja.

Macam produk keripik di pasar juga benar-benar berbagai macam. Keripik yang umum dikenali beberapa orang ialah keripik singkong dan pisang. Ini karena kita bisa secara mudah menjumpai tanaman singkong dan pisang di beberapa daerah di Indonesia. Di lain sisi, singkong dan pisang akan gampang busuk bila tidak diproses, walau sudah diletakkan secara baik. Dapat disebutkan, produk keripik adalah pengembangan langkah pemrosesan pangan untuk perpanjang periode kedaluwarsa.

Dengan periode kedaluwarsa yang lama, membuat skema konsumsi warga untuk beli produk keripik berkali-kali atau beli dengan jumlah besar dan menyimpan untuk stok kudapan di dalam rumah. Kecondongan warga untuk lakukan repurchase memperlihatkan produk keripik mempunyai market share yang luas. Hal inimenjadikan produk keripik menjadi satu diantara gagasan usaha yang lumayan menjanjikan untuk digerakkan. Nach, apa Teman dekat Wiraswasta berminat untuk menjalankan bisnis produk keripik?

 

Trend Produk Keripik di Tahun 2021

Teman dekat Wiraswasta, saat sebelum wabah diawali juga, trend produk keripik dipandang tak pernah sepi pecinta. Ditambah ketika periode wabah saat ini, warga condong habiskan waktunya di dalam rumah dan mempunyai lebih beberapa waktu untuk santai. Untuk menangani rasa jemu karena work from home atau school from home, warga condong konsumsi camilan. Agar semakin detilnya, kita bisa menyaksikan trend produk keripik hasil dari penelusuran lewat Google Trends di tahun penelusuran 2021.

Gambar diagram di atas memperlihatkan ketertarikan penelusuran dalam kata kunci “Keripik” sepanjang dua belas bulan akhir dengan memakai situs penelusuran Google. Angka disebelah kiri diagram sebagai wakil ketertarikan pencarian berdasar point paling tinggi pada grafik untuk daerah dan waktu tertentu.

Nilai 100 memperlihatkan istilah itu ada di pucuk reputasi. Nilai 50 memperlihatkan reputasi sedang. Nilai 0 memperlihatkan tidak ada cukup data untuk istilah itu. Berdasar gambar diagram di atas, bisa diambil kesimpulan jika trafik keyword “Keripik” condong tinggi dan konstan karena diagram memperlihatkan rerata angka penelusuran di atas 50.

Lalu, bagaimana trend penelusuran keyword atau istilah “Keripik” dalam lima tahun akhir?

Diagram di atas memperlihatkan jika trend penelusuran keyword “Keripik” dalam lima tahun akhir alami peningkatan yang berarti tiap tahunnya dan sedikit berfluktuatif di saat tertentu. Bila Teman dekat Wiraswasta menyaksikan tiap diagram paling tinggi setiap tahunnya, kita bisa mengaitkan jika waktu penelusuran paling tinggi keyword “Keripik” ada di peristiwa bulan Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri. Disamping itu, diagram di atas memperlihatkan jika trend produk keripik alami peningkatan benar-benar berarti saat wabah diawali di tahun 2020.

Agar semakin detil, kita bisa lakukan penelusuran trend dalam kata kunci yang lebih detil, yakni “Jual Keripik”. Hasil yang kita peroleh diperlihatkan oleh Gambar 3, berikut ini:

Untuk hasil penelusuran keyword “Jual Keripik”, diagram yang diperlihatkan oleh Gambar 3 lebih berfluktuasi namun tetap dalam kelompok tinggi. Bila dianalisa lebih cermat dengan menyaksikan timeline dari beberapa titik paling tinggi dalam diagram itu memperlihatkan konsumen condong lakukan penelusuran dalam kata kunci “Jual Keripik” saat terjadi moment tertentu, seperti hari raya atau hari liburan nasional. Walau demikian, beberapa titik paling tinggi dalam diagram penelusuran keyword “Jual Keripik” masih lumayan mencolok bila dibanding dengan beberapa titik paling rendah dalam diagram.

Berdasar analisis hasil penelusuran ke-2 keyword itu dalam dua belas bulan dan lima tahun akhir, pada umumnya bisa diambil kesimpulan jika trend produk keripik selama setahun 2017 sampai 2021 lumayan tinggi dan banyak memiliki pecinta, ditambah pada peristiwa tertentu seperti mendekati Hari Raya Idul Fitri. Ini jadikan produk keripik menjadi satu diantara kesempatan usaha yang lumayan menjanjikan.

Mau buat pt murah gunakan jasa pendirian pt Izinin. Atau gunakan juga jasa pembuatan pt Vorent Office Indonesia.

 

Analitis SWOT

Teman dekat Wiraswasta untuk menyaksikan kesempatan dalam sebuah usaha dengan detil, kita perlu lakukan analitis SWOT sebagai bahan pemikiran untuk tentukan taktik usaha keseluruhannya.

Analitis SWOT menolong aktor usaha untuk memprediksi keadaan usaha atau usaha tertentu berdasar faktor kemampuan (Strengths), faktor kekurangan (Weaknesses), faktor kesempatan (Opportunities), dan faktor rintangan (Threats). Berikut sebagai analitis SWOT dari produk keripik pada umumnya:

 

Strengths

Menjalankan bisnis produk keripik mempunyai keunggulan dalam soal produk keripik bisa diinovasikan dari sisi tipe dan variasi. Tipe dan macam produk keripik yang bermacam menjadi nilai lebih tertentu untuk usaha kita. Bila Teman dekat Wiraswasta cukup inovatif dan bisa jual produk keripik yang unik, konsumen akan berminat untuk beli produk kita.

 

Weaknesses

Kompetisi produk keripik yang cukup ketat akan tingkatkan risiko produk jadi tidak terjual. Produk keripik kemungkinan bisa bertahan di dalam periode saat yang lumayan lama bila dibungkus dengan sistem yang pas, namun tetap saja bila dproduksi terlalu berlebih akan tingkatkan risiko rugi karena stock produk tidak habis terjual.

 

Opportunities

Produk keripik mempunyai market share yang luas hingga tingkatkan kesempatan untuk memperoleh pasar dengan konsumen prospektif. Dengan pengembangan produk dan service, dan startegi usaha yang pas, akan mengoptimalkan kesempatan untuk masuk pasar.

 

Threats

Kompetisi pasar yang ketat jadi rintangan tertentu bila Teman dekat Wiraswasta ingin menjalankan bisnis produk keripik. Diperlukan taktik usaha yang pas untuk hadapi rintangan itu.

Untuk memperoleh analitis SWOT yang lebih tepat, Teman dekat Wiraswasta perlu tentukan tipe dan variasi produk keripik yang hendak dipasarkan. Tetapi, sebelumnya Teman dekat Wiraswasta bisa lakukan penelitian pasar secara mendalam untuk ketahui deskripsi mengenaik keadaan pasar dan kompetisi yang terjadi di usaha produk keripik.

 

Penelitian Pasar

Teman dekat Wiraswasta, survey atau penelitian pasar dilaksanakan untuk menyaksikan bagaimana tanggapan pasar pada produk yang kita akan kita jual, siapa pesaing kita dalam usaha ini dan apa yang mereka pasarkan.

Penelitian pasar sebagai hal yang harus dilaksanakan, terutama bila Teman dekat Wiraswasta tidak mempunyai pengetahuan mengenai keadaan pasar satu industri. Penelitian pasar mempunyai tujuan untuk kurangi risiko usaha yang kemungkinan terjadi di periode mendatang. Penelitian pasar bisa dilaksanakan dengan 2 langkah, yakni penelitian online dan off-line.

 

1. Penelitian Online

Penelitian online bisa dilaksanakan dengan cara-cara, yakni:

membagi kuisioner online,

menanyakan langsung ke rekan dan famili lewat broadcast WhatsApp, lakukan pencarian di Google,

Penelitian online lewat media sosial dengan memeriksa hashtag yang tren, penelitian lewat Google Trends, bertandang ke sosial media pesaing paling dekat untuk menyaksikan apa yang mereka pasarkan, bagaimana pesaing berhubungan dengan konsumen setia mereka, dan bagaimana tanggapan konsumen setia mereka pada produk yang dipasarkan oleh pesaing.

Dengan lakukan penelitian online diharap Teman dekat Wiraswasta bisa ketahui berapa ketat kompetisi pasar pada sesuatu produk. Ini bisa menolong Teman dekat Wiraswasta untuk tentukan akan memberikan nilai lebih (value-added) seperti apakah pada produk yang hendak kita jual.

 

2. Penelitian Off-line

Untuk penelitian off-line, Teman dekat Wiraswasta bisa coba beli produk keripik yang dipasarkan oleh pesaing untuk memandang rasa dan kualitas produk yang mereka jual, terutama bila mereka jual variasi produk keripik yang serupa dengan variasi yang hendak kita jual.

 

Tetapkan Type Usaha Teman dekat Wiraswasta

Tentukan type usaha Teman dekat Wiraswasta sangat penting untuk tentukan taktik usaha dan beberapa langkah yang hendak diambil. Akankah Teman dekat Wiraswasta bertindak selaku produsen, atau mungkin cuma untuk distributor atau reseller?

Sebagai contoh, bila Teman dekat Wiraswasta ingin bertindak selaku produsen, pilih vendor yang sediakan bahan baku yang fresh, karena cita-rasa dan kualitas makanan ditetapkan oleh kesegaran bahan baku. Teman dekat Wiraswasta tentunya tidak mau dikomplain oleh konsumen setia karena rasa dan struktur keripik yang tidak nikmat, kan?

Disamping itu, bila Teman dekat Wiraswasta bertindak selaku reseller atau distributor, yakinkan vendor itu bisa sediakan produk yang berkualitas dan mempunyai kekuatan untuk penuhi keinginan produk dari kita.

Type usaha Teman dekat Wiraswasta akan jadi pemikiran taktik usaha dan marketing yang hendak dipakai untuk masuk pasar produk keripik dan berkompetisi dengan pesaing.

 

Tetapkan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar ialah hal yang penting untuk saat sebelum kita mengawali usaha apa saja. Untuk ketahui segmentasi pasar, tetapkan sasaran pasar customer untuk produk keripik kita berdasar beberapa persyaratan seperti bentang umur, tipe kelamin, tugas, rumah, dll. Dengan begitu, kita akan mendapati siapa sasaran pasar khusus dari usaha ini.

Segmentasi pasar bermanfaat untuk tentukan variasi produk yang hendak dipasarkan, branding, dan tentukan nilai jual. Segmentasi pasar produk keripik umumnya fokus pada bentang umur 10 sampai 30 tahun, dengan tipe kelamin wanita.

Ini karena anak-anak umur sepuluh tahun, remaja sampai wanita awalnya dewasa mempunyai kecondongan untuk memilik keripik sebagai kudapan ketika rileks. Tetapi, bila Teman dekat Wiraswasta ingin mempunyai segmentasi pasar yang lebih detil, Teman dekat Wiraswasta bereksperimen pada variasi produk keripik.