Pisang memang enak untuk dikonsumsi, karena pisang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. 

Pada postingan kita kali ini, kita akan membahas top 10 manfaat pisang emas bagi kesehatan.

Tapi sebelum kita lanjut ke pembahasan, kita simak dulu yuk informasi tambahan berikut ini.

Tips Membeli Pisang Emas walau hanya dari rumah saja.

Kalau sobat di rumah bingung belanja buah atau sayur dimana “apalagi di masa pandemi seperti ini”. sobat di rumah bisa nih buka playstore dan instal aplikasi TaniHub. 

Nah apa sih aplikasi TaniHub itu ?
Aplikasi TaniHub itu adalah aplikasi yang dimana sobat bisa berbelanja secara online  kebutuhan pangan seperti sayur dan buah-buahan, beragam macam kebutuhan lainnya.

Cara instal aplikasi TaniHub ;

  1. Buka google playstore
  2. Ketik “TaniHub – Belanja Panen terbaik petani indonesia”
  3. Kemudian klik instal.

Selain itu sobat juga bisa mengakses secara langsung melalui websitenya yakni di link https://tanihub.com/

Top 10 Manfaat Pisang Emas Bagi Kesehatan Tubuh

Kita lanjut ya sob, Pisang emas adalah salah satu jenis pisang yang mudah kita jumpai keberadaannya. 

Pisang emas atau yg kerap disebut sebagai pisang kepok muli ini adalah jenis pisang yang memiliki ukuran buah kecil dengan diameter antara 3 s/d 4 cm. 

Dari kulitnya, pisang emas ini tipis dan berwarna kuning terang, supaya tidak keliru warna kuning pisang emas lebih terang dibanding pisang lampung. 

Dan dari segi rasa, daging pisang emas ini memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang cukup khas. Buah pisang emas, sering digunakan sebagai sajian pencuci mulut.

Meskipun bentuknya kecil, tapi pisang ini memiliki banyak manfaat loh. Nah berikut adalah Top 11 manfaat pisang emas bagi kesehatan.

  1. Membantu Menyehatkan saluran pencernaan

Pisang emas mengandung banyak serat, Serat ini berfungsi baik untuk kesehatan pencernaan. Sehingga, jika sobat mengonsumsi pisang emas ini maka akan dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan serta terhindar dari beragam gangguan pencernaan.

  1. Meningkatkan fungsi pada ginjal

Sobat harus tahu nih, kalau Kandungan potasium dalam pisang emas ini, dipercaya dan mampu untuk mengontrol pengeluaran kalsium dalam urine. Sehingga dalam kondisi demikian, pisang emas akan membantu fungsi ginjal tetap sehat serta membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

  1. Menurunkan tekanan darah yang tinggi

Manfaat selanjutnya adalah pisang emas memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Selain itu, pisang emas juga mengandung sodium yang rendah yang berfungsi sangat baik untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Dan tidak hanya itu, pisang emas juga dapat mengurangi risiko terkena stroke.

  1. Menjadi sumber energi

Pisang emas bermanfaat menjadi sumber energi, hal ini dikarenakan pisang ini mengandung banyak karbohidrat. Sehingga mengonsumsinya secara rutin akan meningkatkan energi dalam tubuh.

  1. Menyehatkan penglihatan mata

Pisang emas mampu menyehatkan penglihatan mata. Hal ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya 3 porsi dalam setiap harinya.

  1. Mencegah penyakit maag

Mengonsumsi buah pisang emas dapat membantu mengurangi kambuhnya penyakit maag. Hal ini dikarenakan, pisang emas  memiliki efek antasid yang sangat berguna untuk mengatasi gejala maag.

  1. Menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh

Dengan sobat mengonsumsinya secara teratur, maka akan membantu agar terhindar dari risiko kehabisan potasium dalam tubuh.

  1. Memperkuat tulang

Pisang emas mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide yang berperan membantu agar tubuh mudah menyerap nutrisi.

  1. Mengatasi anemia

Pisang emas mengandung zat besi dan berbagai vitamin. Tidak hanya itu, pisang emas juga mengandung kadar mineral yang tinggi. Kandungan tersebutlah yang berfungsi untuk mencegah serta mengobati penyakit kurang sel darah merah atau anemia.

  1. Sebagai pembersih wajah dan juga menyehatkan kulit

Selain dagingnya yang enak dan bermanfaat. Ternyata, kulit pisang emas juga berguna untuk membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel-sel kulit yang sudah rusak dan mati. 

Baiklah, cukup sudah pembahasan kita tentang 10 manfaat pisang emas bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini ke teman-teman kamu ya !!! thank you 🙂 

By sartika