Bali adalah salah satu tujuan wisata paling populer di kawasan Asia karena pemandangan alamnya yang hijau subur dan pantai berpasir putih yang indah. Namun, jika Anda bukan pecinta pantai, masih banyak tempat wisata Bali yang akan menarik minat Anda dan menjadikan liburan Anda ke pulau ini berharga. Di Bali, Anda selalu punya pilihan untuk pergi ke tempat wisata atau menjelajahi bagian pulau yang belum tentu populer di kalangan pengunjung tetapi tetap indah. Jangan terkecoh dengan ukuran pulau yang kecil karena pasti ada lebih banyak hal di Bali daripada yang sudah umum dikenal.

Jika Anda seorang pecinta sejarah yang menyukai seni, salah satu tempat wisata di Bali adalah kawasan Ubud. Kota kecil ini adalah pusat untuk semua seni lokal termasuk patung, tari, musik, kerajinan tangan juga Bali decor dan arsitektur. Ubud telah berkembang pesat tetapi masih mempertahankan desa tradisionalnya yang menawan dan lingkungan yang nyaman. Pertunjukan budaya secara teratur dilakukan untuk pengunjung. Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk berbaur tidak hanya dengan penduduk setempat yang ramah tetapi juga dengan gajah Sumatera yang langka. Kota provinsi ini juga dikenal sebagai pusat detoks di pulau ini karena sumber tanaman obat yang tiada habisnya. Jadi Anda bisa memilih untuk dimanjakan di sejumlah spa yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika Anda seorang pecinta alam, ada banyak tempat untuk dikunjungi di Indonesia tetapi tidak ada yang bisa menandingi panorama rimbun yang dimiliki Kintamani di Bali. Gunung Batur adalah gunung berapi aktif yang terkenal yang terletak di kawasan ini bersama dengan Danau Batur, danau terbesar di Bali. Desa-desa di Kintamani seperti Desa Kedisan dan Sukawana semuanya unik dengan budayanya masing-masing. Satu kesamaan yang mereka miliki adalah arsitektur tradisional dan kuno karena desa-desa ini mungkin telah ada di sini sejak setiap penduduk setempat dapat mengingatnya. Wisatawan berpengalaman mungkin menyarankan Anda untuk keluar dari kamar hotel di pagi hari untuk melihat matahari terbit di antara lereng gunung berapi dan menikmati panorama sawah yang indah.

Jika Pura Hindu ada dalam daftar yang harus Anda kunjungi, satu Pura yang mungkin tidak ingin Anda lewatkan adalah Pura Tanah Lot di Tabanan. Terdiri dari formasi batuan, lokasi dan tampilan fisik Pura memberikan kesan tempat yang mistis dan sakral. Pura itu sendiri dikelilingi oleh air laut dan semua akses terputus saat air pasang karena bebatuan akan terendam air. Pura Tanah Lot selalu dikunjungi oleh penduduk setempat selama perayaan Bali. Jika Anda cukup beruntung untuk menyaksikan perayaan ini, Anda akan melihat penduduk setempat dengan kostum tradisional menampilkan lagu, tarian tradisional dan sesajen sebagai persembahan kepada para Dewa. Jika Anda menginap di seputaran Kuta atau Nusa Dua, Anda dapat mengunjungi pura ini dengan menggunakan jasa sewa mobil Bali dengan sopir (Bali car rental with driver). Para sopir umumnya sangat berpengalaman dalam melayani wisatawan. Dan Anda tidak perlu khawatir tentang kepuasan berwisata yang akan Anda dapatkan.

Wisata Bali tidak lengkap tanpa mengunjungi pantai yang ada. Pantai Legian adalah salah satu dari begitu banyak tempat untuk dikunjungi di Legian Bali. Pantai yang satu ini mungkin tidak sepopuler atau seramai pantai di Kuta tetapi Anda tetap bisa menikmati aktivitas yang sama seperti berenang dan berselancar tanpa ada kekurangan. Sunset di pantai ini mungkin juga menjadi salah satu hal paling berkesan yang pernah Anda alami di Legian. Tentu saja, seperti tempat-tempat lain di Bali, Legian juga memiliki spa dan retret tersendiri di mana pengunjung dapat beristirahat dan bersantai sambil dimanjakan oleh pemijat terlatih mereka.

Pulau Bali mungkin merupakan titik kecil di peta dunia, bahkan mungkin tidak terlihat. Namun, Bali menawarkan berbagai kegiatan wisata dan pengalaman bagi wisatawan dan pengunjung. Banyak tempat di berbagai wilayah pulau yang dapat mengisi hari-hari Anda di pulau ini dengan keajaiban yang tak ada habisnya dan wisata Bali yang mungkin tidak akan pernah Anda lupakan.

By gstnm